Saturday, August 31, 2019

pengaruh komputer terhadap bidang pendidikan, industri, dan kesehatan





Di era globalisasi ini banyak hal yang dapat dilakukan seseorang dengan komputer. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
1.     KOMPUTER DALAM BIDANG PENDIDIKAN
Komputer sangat berperan aktif dalam pendidikan. Selain dapat mengakses informasi dari segala penjuru dunia, komputer juga dapat membantu para pendidik untuk mengajar dan menyajikan pelajaran yang menarik dan kreatif baik di sekolah maupun di perguruan tinggi sehingga peserta didik merasa nyaman dengan pengajaran yang telah diberikan oleh pendidik.
Peranan komputer di bidang pendidikan diantaranya ialah sebagai berikut :
a)      Sebagai alat presentasi
Dengan bantuan sebuah proyektor kini komputer jinjing dapat digunakan sebagai alat untuk mempresentasikan sebuah ide ataupun gagasan, biasanya banyak digunakan dalam rapat pembangunan dan juga mahasiswa yang mempresentasikan hasil penelitian mereka.
b)     Sebagai pengganti mesin ketik
Sekitar tahun delapan puluhan sampai dengan tahun sembilan puluhan mesin ketik masih menjadi andalan dalam menulis laporan ataupun menulis buku, namun disekitar akhir tahun sembilan puluhan sampai sekarang posisinya digantikan dengan komputer yang dikenal lebih simple dan lebih efektif.
c)      Sebagai alat hitung
Di dalam komputer tentunya akan sangat mudah dalam menghitung angka angka , banyak sekali angkuntan yang menggunakan ms . excel dalam menghitung baik jumlah , rata rata dan juga pembagian.
d)     Sebagai media komunikasi dengan masyarakat luas
internet adalah satuan dari kumpulan seluruh komputer di dunia yang saling terhubung antara satu dengan yang lain, banyak yang digunakan sebagai server , dan sat ini server terbaik di pegang oleh pihak google yang juga website nomor satu di dunia dengan fasilitas mesin pencarinya, setelah media yang bermanfaat terupload di server baik itu dalam bentuk Pdf ,html dan juga doc . dapat di akses oleh semua orang di dunia selama server tetap menyala .

manfaat komputer pada bidang pendidikan yaitu :
a)      Dengan menggunakan komputer pendidik dapat memiliki variasi mengajar
b)      Dapat meningkatkan  kemampuan belajar peserta didik.
c)      Dapat merangsang kecerdasan psikomotorik
d)      Dapat memudah pekerjaan


Isu sosial tentang komputer dalam bidang pendidikan
Banyak nya guru yang belum mengerti tentang komputer yang disebabkan karena kurangnya kepercayaan diri seorang guru dan tidak antusias nya para guru tentang perubahan dan integrasi dengan belajar yang menggunakan computer dalam kelas.

Masalah komputer dalam bidang pendidikan yaitu :
a)      Banyak nya informasi yang tidak bermanfaat di internet dan bias merusak moral jika kita tidak dapat membedakan dan memilih informasi yang bermanfaat bagi kita..
b)      Kurangnya teknisi khusus yang ahli dalam bidang komputer.
c)      Anggaran untuk perawatan
d)      Kurangnya sumber daya
2.     KOMPUTER DALAM BIDANG INDUSTRI
Manfaat komputer dalam bidang industri
a)      Aspek Produksi
Di dalam industri-industri besar yang menghasilkan jumlah produk dalam skala besar tidak mungkin jika proses produksinya dilakukan secara manual. Kekuatan, kecepatan dan ketepatan manusia sangat terbatas berbeda dengan mesin yang memang sudah dibuat sedemikian rupa untuk dapat melakukan pekerjaan dengan cepat dan tepat.
b)      Aspek Pengemasan
Pengemasan sebenarnya masuk dalam proses produksi. Jadi dari proses pengolahan bahan mentah hingga menjadi barang jadi kemudian dikemas semua dilakukan oleh mesin secara otomatis. Yang dimaksud pengemasan disini adalah pembuatan design suatu produk. Setelah suatu produk dinyatakan lolos untuk dapat diproduksi maka tahap selanjutnya adalah pelabelan atau pengemasan produk.
Penggunaan komputer dalam membuat suatu design sangat dibutuhkan terutama dalam industri pakaian dan properti dimana pembuatan rancangan design akan lebih mudah dan cepat jika dilakukan dengan komputer.
c)      Aspek Promosi dan Distribusi
Promosi menjadi bagian terpenting dalam pemasaran suatu produk. Cara promosi yang unik dan penuh ide serta inspirasi mampu menarik masyarakat menggunakan produk yang ditawarkan. Promosi bisa dilakukan dengan banyak cara. Bisa melalui media elektronik seperti melalui iklan di televisi maupun radio, melalui situs website maupun blog. Promosi bis ajuga dilakukan melalui media cetak seperti memasang iklan pada baliho di pinggir-pinggir jalan atau tempat-tempat strategis bisa juga melalui koran atau majalah.

d)      Aspek Administrasi
Kegiatan administrasi tak akan pernah lepas dari komputer. Administrasi dalam suatu industri meliputi banyak hal. Seperti misalnya :
·         Kegiatan surat-menyurat dan kontrak perusahaan dengan pihak lain
·         Membuat akumulasi dana yang dibutuhkan setiap tahun atau bulannya, membuat rekapan hasil penjualan produk, menghitung laba dan rugi,menghitung gaji para karyawan dan masih banyak lagi. 

Penerapan komputer dalam bidang industri yaitu :
a)      Bidang industri otomatif
      Produksi mobil termasuk cabang industri terpenting. Satu dari tujuh tenaga kerja bekerja di industri mobil, sektor yang menyumbang 17 persen dari volume ekspor. Dengan keenam produsen VW, Audi, BMW, Daimler, Porsche dan Opel (General Motors). Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan lebih akurat. Dengan bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.
b)     Bidang industri perfileman.
·         Pada 2 dimensi.
-          Celluloid (konvensional)
            Teknik Celluloid (kadang-kadang disebut menjadi cell) ini merupakan teknik mendasar dalam pembuatan film animasi klasik. Setelah gambar mejadi sebuah rangkaian gerakan maka gambar tersebut akan ditransfer keatas lembaran transparan (plastik) yang tembus pandang/ sel (cell) dan diwarnai oleh Ink and Paint Departement. Setelah selesai film tersebut akan direkam dengan kamera khusus, yaitu multiplane camera di dalam ruangan yang serba hitam.
·         Pada 3 dimensi.
      Proses pembuatan animasi 3 dimensi ini kebanyakan di kerjakan dengan komputer, sehingga proses pembuatannya cepat dan tidak memerlukan waktu yang lama dan biaya yang mahal.
Proses animasi ini sering di dominasi oleh negara amerika yang  banyak  menghasilkan industri animasi 3 dimensi yang berbeda dengan jepang yang lebih di dominasi dengan animasi 2 dimensi. Proses yang di kerjakan dalam pembuatan animasi 3 dimensi ini hampir sama dengan proses pembuatan animasi 2 dimensi.

Isu sosial dalam bidang industri yaitu :
a)      Pengangguran
b)      Kemiskinan
c)      Kejahatan semakin meningkat
d)      Kreatifitas menurun

Masalah yang ditimbulkan komputer dalam bidang industri
a)      Mengurangi kesempatan kerja
b)      Pemborosan energy
c)      Biaya perawatan dan pemeliharaan mesin dan robot dalam bidang indsutri relative lebih mahal.
3.     KOMPUTER DALAM BIDANG KESEHATAN.
Manfaat komputer dalam bidang kesehatan :
a)      Mendiagnosa suatu penyakit dan menentukan obat yang cocok.
b)      Melihat dan menganalisa organ organ tubuh bagian dalam manusia.
c)      Mendeteksi DNA seseorang.
Penerapan komputer dalam bidang kesehatan :
·         Bidang administrasi
Dengan adanya komputer di dalam dunia administrasi sangat membantu di dalam penyimpanan, pengelompokan, dan pengolahan data. Tanpa komputer, akan sangat sulit sekali untuk memeriksa banyaknya data – data pasien, stok obat, dan data – data lainnya yang dimiliki oleh rumah sakit. Namun dengan adanya komputer, memeriksa data – data pasien, stok obat dan juga data keuangan rumah sakit akan mudah dan praktis untuk dilakukan.
·         Bidang farmasi
Dalam bidang obat – obatan komputer juga berperan sangat penting dalam farmasi, misalnya untuk merecord resep dan dosis, serta menyimpan data harga obat – obatan tersebut. Selain itu, dengan adanya komputer dalam bidang farmasi juga membantu untuk mengelompokkan macam-macam obat berdasarkan kegunaannya, misalnya Panadol, Feminax, Ponstan adalah obat penahan rasa sakit.
·         Mendiagnosa suatu penyakit
Dengan adanya komputer DNA yang sudah di rancang khusus di dalam bidang kesehatan mendiagnosa suatu penyakit bukan hal yang sulit lagi, karena dengan menggunakan komputer akan lebih cepat, mudah dan akurat untuk mengetahui nama dan jenis suatu penyakit.
·         Memonitoring status pasien
Pasien yang sudah pernah datang atau baru pertama kali berobat akan dengan mudah dilacak. Data – data personal pasien juga dengan mudah dilihat. Selain itu, dokter ataupun perawat dapat melihat rekaman hasil periksa, keluhan dan riwayat penyakit sebelumnya yang pernah diderita oleh si pasien, tanggal kedatangan pasien terakhir kali berobat, record resep yang pernah diberikan, dan masih banyak lagi.
·         Penelitian
Penelitian ilmiah yang sering dilakukan dalam bidang kesehatan sangatlah bergantung pada penggunaan komputer. Penggunaan komputer dapat memaksimalkan hasil penelitian.
Isu sosial yang timbul akibat pegunaan komputer dalam bidang kesehatan :
·         Kurangnya lapangan pekerjaan
·         Citra diri manusia
·         Kesenjangan keahlian
Masalah yang ditimbulkan akibat pengunaan komputer di bidang kesehatan :
·         Radiasi
      Pemakaian layar monitor yang tidak ergonomis dapat menyebabkan keluhan pada mata. Berdasarkan hasil penelitian, 77% para pemakai layar monitor akan mengalami keluhan pada mata, mulai dari rasapegal dan nyeri pada mata, mata merah, mata berair, sampai pada iritasi mata bahkan kemungkinan katarak mata.
·         Ketergantugan
      Para pengkonsumsi obat antibiotik yang banyak beredar di masyarakat ternyata tidak semata-matahanya mengurangi keluhan yang ada tetapi juga menimbulkan ketergantungan dengan intensitas yang berbeda-beda dari masing-masingjenis antibiotik. Tidak hanya sampai pada hal tersebut, akan tetapi timbulah suatu kemungkian yang menyebabkan penyakit tersebut memiliki tingkat kekebalan terhadap antibiotik tertentu
·         Terganggunya Syaraf
Kebisingan yang tinggid apat mempengaruhi syaraf manusia dan hal ini dapat berakibat pada kelelahan maupun rasa nyeri.


terimakasihhh telah berkunjung...









EmoticonEmoticon