Tuesday, September 3, 2019

contoh penerapan simulasi dan pemodelan dalam kehidupan sehari hari




     
        Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Simulasi adalah penggambaran suatu sistem atau proses dengan peragaan berupa model statistik atau pemeranan . Sedangkan model adalah pola(contoh, acuan, ragam) dari sesuatu yang dihasilkan atau dibuat.
            Simulasi dan pemodelan merupakan cabang ilmu pengetahuan yang telah berkembang dengan pesat dan aplikasinya telah meluas diberbagai bidang baik dibidang ilmu pengetahuan alam, seperti fisika, kimia, biologi, kedokteran, sampai bidang ilmu sosial dan politik.

Contoh penerepan simulasi dalam kehidupan sehari hari.

11.   Simulasi peramalan cuaca
Berdasarkan hasil survey Stasiun Meteorologi dan Geofisika Lanud Adisucipto Yogyakarta prakiraan cuaca ditentukan oleh 4 hal yaitu : arah angin, tekanan udara, kelembaban udara, dan suhu udara. Maka dibuatlah suatu simulasi dengan perangkat lunak guna mengolah data-data tersebut yang keluarnya berupa ramalan cuaca. Dan karena cuaca sendiri bersifat tidak pasti, maka simulasi dibangun menggunakan logika fuzzy untuk dapat melakukan prakiraan cuaca.

22.   Simulasi pengisian antrian bahan bakar di SPBU
Pada SPBU Sering terjadi antrian yang panjang, antrian tersebut dapat dihindari apablia pihak-pihak terkait dapat mengidentifikasisampai dimana antrian tersebut dapat menguntungkan tau merugikan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu di buat simulasi antrian. Melalui simulasi yang dilakukan dapat dilihat ukuran kinerja dari system yang diamati, sehingga akan diperoleh output berupa usulan perbaikan dalam hal pelayanan agar pelayanan yang diberikan pada konsumen dapat dimaksimumkan.

33.  Simulasi penerbangan
Merupakan simulasi yang digunakan untuk mewujudkan gambaran penerbangan sebuah pesawat terbang yang mendekati kenyataan yang sebenarnya. Perbedaan tipe sebuah simulasi penerbangan dalam permainan komputer adalah ukuran dari kokpit dan dalam akurasi dari citra yang diolah oleh suatu keadaan dari seni teknologi komputer. Simulasi penerbangan sering digunakan oleh industri penerbangan dan militer untuk melatih pilot, simulasi bencana, dan pengembangan sebuah pesawat.

Xiexie!!


EmoticonEmoticon