Tuesday, November 5, 2019

Privasi Dalam Komputer


PRIVASI DALAM KOMPUTER


 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kali ini kita akan membahas tentang privasi dalam komputer. jadi apasih pengertian privasi??
Privasi (Bahasa Inggris: privacy) adalah kemampuan satu atau sekelompok individu untuk menutup atau melindungi kehidupan dan urusan personalnya dari publik, atau untuk mengontrol arus informasi mengenai diri mereka. Privasi kadang dihubungkan dengan anominitas walaupun anonimitas terutama lebih dihargai oleh orang yang dikenal publik. Privasi dapat dianggap sebagai suatu aspek dari keamanan.
Menurut UU Teknologi Informasi ayat 19 Privasi adalah hak individu untuk mengendalikan penggunaan informasi tentang identitas pribadi baik oleh dirinya sendiri atau oleh pihak lainnya.
            Privasi sangat penting untuk dijaga, diantaranya karena :
1.     Privasi menjadi suatu hal yang penting dan bersifat sensitif.
2.     Privasi dikatakan penting karena dengan privasi, individu atau suatu kelompok dapat menghargai dan menghormati dalam kehidupan sosial.
3.     Privasi dikatakan sensitif seperti menyangkut tentang ras, agama, orientasi seksual, atau kesehatan.
4.     Melanggar privasi berarti melanggar kode etik yang semestinya. Menyimpang dari batas - batas yang telah ada akan memicu suatu masalah.
Hukuman & Pidana tentang privasi :
1.     Pasal 29
Pelanggaran Hak Privasi
Barang siapa dengan sengaja dan melawan hukum memanfaatkan Teknologi Informasi untuk mengganggu hak privasi individu dengan cara menyebarkan data pribadi tanpa seijin yang bersangkutan, dipidana penjara paling singkat 3 (tiga) tahun dan paling lama 7 (tujuh) tahun.
2.     Pasal 40 UU No. 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi
Pada dasarnya informasi yang dimiliki seseorang adalah hak pribadi yang harus dilindungi sehingga penyadapa harus dilarang.
Cara menjaga privasi :
Berikut beberapa hal yang mungkin tidak perlu ditampilkan di internet dan sosial media.
1.     Memberikan data pribadi, seperti alamat rumah, atau sekolah anak
2.     Masalah pribadi
3.     Infomasi keluarga
4.     Berbagi informasi jika kita sedang sendirian di rumah
5.     Foto tidak pantas
6.     Foto dengan geotag
7.     Komentar kasar
8.     Informasi kontak (no hp & email)
9.     Bijak memilih teman


Dampak dari Kehilangan privacy
Terdapat banyak sekali dampak yang ditimbulkan dari hilangnya privasi suatu individu di zaman digital seperti sekarang ini .setidaknya terdapat tiga buah dampak negative yang ditimbulkanya.Antara lain berupa :
1.     Hilangnya Kebebasan Individu
2.     Manusi Tidak Bisa Bersikap Alamiah
3.     Manusia Menjadi Objek Informasi

Perlindungan Privacy dalam beberapa bidang
1.     Dalam Dunia Medis
Seseorang  dapat melaporkan secara terbuka semua keluhan, baik fisik dan rohani, percaya diri bahwa hak ini dilaksanakan untuk kepentingan nya  atau perawatannya. Dia tidak perlu khawatir bahwa apapun yang ia katakan akan di ungkapkan  kepada orang lain. Dalam hal ini, Pasal 2 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1963 mensyaratkan bahwa semua pekerja medis menyimpan catatan medis pasien mereka rahasia, kecuali atas izin dari hakim agung dari pengadilan negeri untuk tujuan investigasi kriminal.
2.     Dalam Dunia Pemerintahan
Keterbukaan menyangkut transparansi anggaran, kinerja dan profil lembaga.
3.     Dalam Dunia Internet
Informasi yang dilindungi meliputi Informasi nama, alamat email, riwayat situs yang dikunjungi, alamat IP, percakapan, chatting, dan lain sebagainya sesuai dengan dimana kita menggunakan internet itu sendiri.

terimakasih sudah berkunjung :) 




EmoticonEmoticon