Wednesday, October 9, 2019

Profesi Dibidang IT


Profesi di bidang IT

Assalamualaikum teman teman. Kali ini kita akan membahas apa saja profesi  dibidang IT.
Contoh profesi dibidang IT antara lain:
1.Web Developer
Web Developer adalah seseorang yang menciptakan aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemograman, web developer berperan sebagai penghubung dari semua sumber daya yang akan digunakan pada website, mulai dari membuat halaman website statis / dinamis, pemanggilan database, sampai mengatur cara pengunjung untuk berinterkasi dengan elemen / unsur dari website tersebut. 
Didalam web developer ada Front End Developer dan Back End Developer.
-          Front End Developer
Front-End merupakan istilah yang mengacu pada developer yang bekerja dibagian desain layout suatu website atau aplikasi, dimana seorang developer akan mengerjakan user interface agar desain terlihat menarik dan tidak terlihat membosankan untuk dilihat. Seorang Front-End developer wajib menguasai program HTML, CSS, Javascript dan juga framework seperti jQuery, Bootstrap dan lain sebagainya.
-          Back End Developer
Setelah tampilan desain dibuat oleh Front-End developer maka tugas akan dilanjutkan oleh seorang Back-End dimana tugas utamanya adalah membuat website dan atau aplikasi bisa berjalan dan bisa digunakan oleh pengguna, misalnya membuat program CMS (dashboard, halaman admin, dll). Selain itu seorang Back-End developer biasanya menguasai bahasa program seperti PHP, java, dan dan bisa menggunakan framework seperti Code Igniter, Laravel dan framework lain-lainnya. Tidak ketinggalan juga seorang Back-End developer biasanya memahami database seperti MySQL dll. Bukan tetapi seorang Back-End tidak bisa mengerjakan Front-End developer ataupun sebaliknya, biasanya mereka juga bisa mengerjakan Front-End.
  2. UI/UX Designer
User Interface (UI) Designer tidak bisa dipisahkan dengan User Experience (UX) Designer. UI Designer memiliki tugas menentukan tampilan aplikasi dan/atau situs. Nah kalau UX Designer menentukan bagaimana suatu aplikasi dan/atau situs bisa beroperasi dengan mudah. Tapi dalam bekerja, keduanya harus berlandaskan pada hasil riset supaya aplikasi dan/atau situs yang dirancang benar-benar efektif.
Jadi, UI Designer merupakan sebutan untuk orang yang mendesain interface untuk perangkat lunak komputer, ponsel pintar, dan lainnya. UI Designer punya tanggung jawab untuk mendesain tampilan secara menarik baik dari sisi bentuk, warna, juga tulisan. Kalau UX Designer adalah jenis pekerjaan yang berhubungan dengan bagaimana meningkatkan kepuasan pengguna aplikasi maupun pengunjung situs yang dilihat dari nilai guna, manfaat, juga kesenangan yang didapatkan si pengguna dari suatu aplikasi atau situs.
  3. IT Support
IT Support merupakan seorang teknisi pada sebuah organisasi atau perusahaan yang mempunyai tanggungjawab untuk  instalasi, evaluasi serta peningkatan terhadap tiga objek utama seperti komputer, software, serta pengembangan sistem jaringan (network system).
  4. Blogger
Blogger adalah orang yang membuat dan mengelola blog, membagikan pandangan serta perspektif mereka ke audience secara online baik untuk tujuan pribadi maupun bisnis. Topik yang dibahas pun beragam, mulai dari kesenian hingga politik. Saat ini sudah banyak blogger yang terkenal dan menjadi ‘selebriti’ di dunia online dan juga offline. Sebagian orang menjadikan blogging sebagai profesi sampingan, sebagian orang lain memandang blogging sebagai karier utama mereka, sedang yang lainnya hanya menulis blog untuk menyalurkan hobi atau sebagai salah satu cara mengekspresikan pendapat mereka.


Sekian dulu pembahasan mengenai profesi di bidang IT.

Xiexie!!


EmoticonEmoticon