Thursday, March 19, 2020

Cara Upload filee WordPress Ke Hosting


Cara upload file WordPress Ke Hosting

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mempublish wordpress ke hosting dan bisa kita akses. Sebelumnya bagi yang belum mengetahui apa itu wordpress. Wordpress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman php dan basis data (database) Mysql.
Dikutip dari Wikipedia, Web hosting adalah suatu layanan bagi user yang berguna untuk menyimpan informasi, gambar, video dan beberapa konten lainnya yang akan diakses via website.
Berikut beberapa langkah yang dilakukan akan wordpress kamu dapat terpublish dan di akses oleh orang lain. Simak dengan baik yaaa

Langkah pertama kita harus menyewa hosting terlebih dahulu, pada zaman sekarang sudah banyak situs yang menyediakan sewa hosting dan memiliki harga yang beragam. Contohnya saya menyewa hosting di domainesia.com . kamu bisa menyewa nya diempat lain yang kamu inginkan.
Langkah kedua kita harus membackup database kita terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan membuka browser lalu ketikkan http://localhost/phpmyadmin/ atau http://127.0.1.1/phpmyadmin/ , lalu jika sudah maka nanti akan muncul halaman phpmyadmin. Maka klik pada databases

Langkah ketiga setelah data blog kita backup maka simpan dengan format zip. Caranya masuk ke folder htdocs dimana data blog kamu tersimpan. Setelah itu blog semua file kemudian buat ke format zip.
Langkah ke empat kamu masuk ke hosting kemudian buat nama database kamu kemudian klik create database, nanti database kita akan terbuat otomatis. Kemudian buat user pada bagian mysql use. Lalu isilah username(bebas), password, dan ulangi password yang kita masukkan tadi. Kemudian klik create user. Kemudian sambungkan user ke database kamu.
Langkah kelima setelah database tersambung ke user, maka langkah selanjutnya yaitu mengupload database. Caranya , masuk ke phpmyadmin>database> klik Go setelah itu buka tabel option>klik edit lalu pada form option_value ganti http://localhost/wordpress/  menjadi nama domain kamu. Lalu klik Go dan lakukan hal sama pada baris home
Langkah keenam untuk mengupload file blog kita ke hosting. Kembali ke control panel>file manager kemudian upload file yang zip tadi di folder public_html dan ekstract.
Langkah ketujuh setelah kamu melakukan semua perintah diatas maka kita harus mengatur konfigurasi di WordPress dengan cara cari file wp-config.php lalu klik kanan kemudian pilih edit. Carilah kode berikut dan ubah dengan data nama kita yang sudah kita buat tadi.

define(‘DB_NAME’, ‘isi nama database kita’);
/** MySQL database username */
define(‘DB USER’, isi nama user);
/** MySQL database password */
define(‘DB PASSWORD’, isi password);

            Nah itulah beberapa langkah langkah dalam mengupload file wordpress ke hosting. Semoga membantu teman teman sekalian yang kesulitan dalam menguplad file wordpress ke hosting.


Xiexie!!




EmoticonEmoticon